Love to live, and live to love

When it can be simple, keep it simple. When it can’t, make it simple!

Membuat suatu pilihan

Posted by ardnahc pada 19 Juli, 2008

Pernahkah kamu dihadapkan sama suatu pilihan? Saya yakin dengan pasti pernah. Dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak sekali pilihan-pilihan yang bisa kita pilih. Mulai dari bangun tidur, mau mandi atau tidur lagi? Habis itu makan pagi, mau bubur ayam atau nasi goreng? Mau X atau Y? Mungkin dalam sehari kita bisa memilih sampai dengan 20 kali tanpa kita sadari sama sekali.

Apa sih yang membuat kita memilih X daripada Y? Kenapa sih kita lebih memilih ini daripada itu? Ya semua itu pasti ada alasan dan pemikiran tersendiri. Ada yang ingin mudah, cepat, susah, lama, dll. Dan tentunya, semua itu ada akibatnya tersendiri. Ada yang merugikan, menguntungkan, menyenangkan, dsb.

Pada tulisan ini saya ingin membahas tentang “apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih sesuatu agar tidak membuat kita menyesal setelah memilih sesuatu tersebut”. Sepertinya gak menarik ya? tapi, ya daripada bingung mau nulis apa.🙂

Pada saat ada 2 pilihan, kita terkadang ragu untuk memilih. Mau pilih A ada akibatnya X, mau pilih B akibatnya Y. X dan Y sama2 ada kelebihan tertentu (loh kok jadi kaya pelajaran Mati-mati-ka (matematika maksudnya :p)). Biasanya kan kita ingin agar kita bisa mendapatkan akibat yang lebih banyak menguntungkan kita (kata-katanya gak enak :p, susah cari kata-kata yang enak hehehe…). Tapi saran saya juga sih, pikirin juga akibatnya pada orang lain. Gak hanya akibat yang bakal diterima oleh diri sendiri. Jadi misalnya: kamu suka sama kecengannya temen kamu, kamu pilih temen kamu atau kecengannya? kalo kamu pilih temen kamu, jelas keuntungannya adalah kamu tetep punya temen, tapi juga jomblo (alias single alias gak laku :p). Kalo kamu pilih kecengannya, jelas artinya kamu laku (hehehe…) tapi ada resiko bakal kehilangan temen kamu. Bisa aja temen kamu nganggap kamu musuh dalam selimut, atau udang dibalik batu, atau pagar makan tanaman, atau peribahasa sejenisnya lah yang mengakibatkan kamu kehilangan temen kamu. Kalo aku sih, jelas pilih temen aku. Kalopun sama temen itu punya niat sama untuk mendapatkan seorang cewe, haruslah fair. Jadi temen sama2 tau, dan gak ada yang ngerasa dikhianatin. Dan kalo sang cewe (kok pake sang? mang bendera merah putih ya?) memilih seseorang, maka seorang yang lain juga harus fair menerima hasilnya. Akhirnya tulisan ini gak nyambung dengan judul ya? :p

Yang biasa saya jadiin pertimbangan waktu memilih sesuatu adalah berikut ini:
1. bakal ngerugiin orang lain gak? kalo ngerugiin, ada gak pilihan yang gak ngerugiin orang lain. kalo gak ada ya udah, mau milih apa lagi. ambil aja positifnya.hehehe…
2. apa aku bakal kehilangan sesuatu yang lebih berharga daripada yang aku pilih? misal dalam kasus tadi, mendingan dapet pacar ato tetep temenan sama temen. Mendingan pilih temen sih, soalnya itu jauh lebih berharga. walaupun punya pacar juga berharga, tapi menurut aku temen adalah yang terpenting. Karena udah banyak waktu, kesulitan, kebahagiaan, kesenangan yang dimiliki. Walaupun pacar juga bisa memberikan itu, tapi tetep rasanya akan lebih seneng punya temen. Kenapa sih ngotot pilih temen? Gini nih, aku bisa punya temen misalkan 10 orang. Apa aku juga bisa punya pacar 10 orang? Gile aje loch… :p hehehe… Jadi mending pilih temen aja deh kalo kata aku.

Pikirin juga akibat dari kamu memilih sesuatu. misalkan “apa aku gakkan nyesel dengan pilihan aku?”, “apa nanti pilihannya bisa berubah lagi?”, “apa ini yang terbaik buat aku?”, “apa ini pilihan hati aku?”. Wah…semakin kamu banyak berpikir, semakin kamu ragu untuk memilih. Semakin lama lagi kamu memilih. Dan semakin bingung.hehehe… Yang pasti, setelah kamu memilih, kamu gak bisa mundur dari pilihan kamu. Walaupun kamu nyesel, salah pilih, itu adalah pilihan kamu. Kamu gak bisa ngelakuin apa-apa selain ngerubahnya menjadi pilihan salah yang gak terlalu salah🙂 Ada peribahasa kaya gini nih, nasi sudah menjadi bubur, yang bisa kamu lakuin adalah menambah lauknya, misal cakue, ati ampela, kerupuk, kecap, dll. Apapun pilihan kamu, adalah yang terbaik buat kamu. Jangan pernah menyesal sama apa yang udah kamu pilih, karena gak ada gunanya. Mending langsung bangkit dan memperbaikinya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: