Love to live, and live to love

When it can be simple, keep it simple. When it can’t, make it simple!

Generalisasi?? No Way!!!

Posted by ardnahc pada 9 November, 2008

salahkah kita bila membunuh? menurut saya, salah tidaknya itu, tergantung situasi. aku disini bukan untuk membela orang yang belakangan ini ramai dibicarakan di media masa atau sejenisnya. tapi aku disini untuk membicarakan hubunganku dengan orang lain, yang tidak lain adalah orang yang kucintai. Walau nilai bahasa indonesia saya C, saya berani nulis tentang ini disini. nilai bukan segalanya, nilai bisa dibeli!! kemampuan seorang gak bisa diliat dari nilainya, tapi kemampuan seseorang diliat dari cara dia untuk menggunakan ilmu yang dia dapatkan ke dalam kegiatan sehari-hari. banyak orang yang menggeneralisasi seseorang atas tindakan orang lain. misalnya, seorang yang berasal dari kaum A, senang bermain judi. lalu digeneralisasi bahwa semua orang yang berasal dari kaum A, senang bermain judi. padahal belum tentu semua orang di kaum A adalah orang yang suka berjudi.

seekor induk, akan membunuh musuh yang mengancam keselamatan anaknya. lalu, apakah induk tersebut jahat? banyak orang yang, entah buta atau bodoh, langsung menyimpulkan sesuatu, tanpa berpikir bila itu terjadi pada dirinya. misalnya, ya dia jahat! padahal, bila itu terjadi pada dirinya, orang tersebut bisa melakukan hal yang sama. apa yang bisa kita lakukan untuk itu? well, setiap orang bebas berpikir. dan banyak orang yang berpikir, bila dirinya mempunyai kekuatan. jadi walaupun dia salah, orang lain tidak boleh menyatakan bahwa dia salah. apapun alasan yang tak masuk akal dan tak jelas pun jadi tameng untuk menyokong kekuatan yang tak jelas itu.

jadi buat apa kita mempertahankan pendapat? orang keras kepala akan sulit untuk ditentang. walau diberi contoh atau diberi penjelasan sehari semalam atau bahkan setahun nonstop. cara terjitu menurut saya adalah, memberikan orang tersebut situasi yang sama. dengan begitu, baru dia akan berpikir (kalau punya otak!) dan mengakui bahwa yang dilakukannya itu salah. so, apakah saya jahat? terserah kamu mau menganggap saya jahat. yang pasti saya tidak merugikan orang lain. saya hanya seorang yang membela keadilan dan tidak mau terjajah oleh kekuasaan.

idealis memang, tapi kapan kita mau merasakan kedamaian bila tidak ada keadaan yang ideal. jadi saya tidak akan menentang orang yang suka menggeneralisasi. silahkan orang mau berpikir apa, toh apa yang mereka lakukan tidak ada hubungannya dengan saya. apakah kamu tidak mau merubah seseorang untuk menjadi lebih baik? jawab saya: saya mau. tapi saya liat dulu situasi orangnya. maukah kamu mengorbankan 100000000000000 orang yang dapat kamu ubah menjadi lebih baik, daripada kamu membuat 1 orang keras kepala dungu dan mau menang sendiri untuk berubah menjadi lebih baik dalam jangka waktu yang sama??

——————————————————————————-

tulisan ini asli ciptaan penulis sendiri. hanya untuk memberi kekuatan, agar berani untuk merubah orang lain. tidak ada maksud untuk menyakiti atau lainnya. bila anda merasa sakit hati, dewasalah dan bukalah mata anda. masih banyak hal yang harus anda pelajari! bersama, kekuatan kita akan lebih besar daripada sendirian. pilihan ada pada anda sendiri, tidak ada yang bisa merubah pilihan anda. karena pilihan anda adalah HAM.

ardnahc 09 Nov 2008

Satu Tanggapan to “Generalisasi?? No Way!!!”

  1. ly said

    hmm.. sulit memang
    tapi klo pikiran seseorang udah sempit gimana??
    yang dia liat cuma segitu” nya..
    otak nya udah penuh ama hal yang berbau generalisasi semua
    hehehehehehe *peace^^v
    qta ga bisa mengubah pikiran seseorang ya kecuali mungkin dengan cara orang itu dihadapkan pada situasi yang sama
    seperti kata loe mungkin dia bisa sadar n berpikir ulang (klo punya otak!!)
    hohohohohohoh =p

Tinggalkan Balasan

 
