Love to live, and live to love

When it can be simple, keep it simple. When it can’t, make it simple!

Hidup ini…

Posted by ardnahc pada 11 Mei, 2009

Apa sih yang kamu cari dari hidup di dunia ini? Ada yang tau? Atau ada yang gak tau?hehehehe…

Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dalam kehidupannya masing-masing. Dengan bekerja, belajar, berbuat sosial dan sebagainya. Ada yang menggunakan cara damai, cara paksa, dan cara-cara lainnya yang saya pun tidak tahu apa namanya. :p

Ada juga orang yang senang untuk bersantai menikmati hidup, entah itu dengan bermain, hanging out with friends, jadi penjahat kelamin (playboy!) :p, ada pula yang senang berinternet untuk mencari teman baru. apapun itu, asal tidak menggangu orang lain, sah-sah saja lah.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah kepikiran, apa sih sebenarnya yang saya cari dalam kehidupan saya ini? Harta, wanita, teman, popularitas, atau apa? saya sendiri bingung, kq saya seperti robot. Kerja ini hayu, kerja itu hayu, maen kesana hayu, maen kesini hayu, jalan-jalan hayu, ngeceng, cari buku, makan diluar, minum-minum (kopi :p). Seperti gak ada yang dituju gitu. Emang sih, mungkin saat ini saya lebih fokus ke mencari duit, tapi apa gunanya juga ya kalo ntar duitnya dah banyak? hehehe… Kalo sekarang saya fokus buat ngalahin seseorang yang bener-bener pengen dikalahin secara public, well itu gak salah. Saya pengen bikin dia mengakui kekalahannya, bukan hanya mengakui kekalahannya di depan saya (AJAH!!!), tapi juga ke dunia luar. Saya tau dia gak punya malu, tetap aja ngotot bahwa dia bener walaupun sebenarnya dia salah. Ngotot bahwa orang lain gak ada apa-apa dibanding dia sendiri. Hanya karena status sosial, baru dia mau mengalah. Walaupun saya yakin dia gak bisa terima itu dan berusaha untuk terus menaikan status sosialnya. Sadarlah! Percuma kalau mau ngelakuin itu, masih banyak orang yang bisa ngelakuin lebih dari yang kamu lakuin!

Kadang pernah terpikir, manusia tuh seharusnya mencari kebahagiaan saja dalam hidupnya. Seseorang bisa hidup hanya dengan uang beberapa ribu, bahkan dia bisa menopang keluarganya. Bandingkan dengan orang lain, misalnya saya mana bisa bertahan dalam keadaan seperti itu. Gimanapun caranya, saya pasti berusaha untuk keluar dari keadaan semacam itu. Dan Thanks God, dia selalu memenuhi kebutuhan saya. Dalam segala keterbatasan yang dimiliki, seseorang tersebut berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan hidupnya. Dia tidak mengeluh, dia terus berusaha bekerja, menanti keajaiban yang bisa merubah jalan hidupnya. Apakah dia bahagia? saya juga tidak tahu pasti. Mungkin dalam hati terdalam, dia malu, sedih, ingin berontak kepada keadaan hidup, tapi dia tidak bisa berbuat apa2. Dia berusaha untuk membuat keluarganya tersenyum. Ada kalimat bahwa, melihat orang lain bahagia, akan membuat orang tersebut bahagia walaupun dia sebenarnya mengalami kesusahan. Percaya gak? saya sih percaya. betapa bahagianya saya begitu melihat orang yang saya cintai tersenyum. Betapa saya bangga begitu melihat keluarga saya bangga dengan apa yang saya lakukan.

Bisa gak sih kita membuat orang lain bahagia? Tentu saja bisa. Buatlah keluarga mu bangga dengan adanya kamu. Bila keluarga mu tidak bisa melakukannya, walaupun kamu sudah berusaha semaksimal mungkin, ya sudah iklaskan saja. Saya tau, hal ini bisa saja terjadi pada beberapa orang. Masih ada teman-temanmu yang bisa kau buat bahagia kq. Ada juga orang yang bisa kau buat bahagia kq, misalnya orang-orang yang ada di lampu merah. Banyak kan tuh anak-anak kecil, pengemis dan sejenisnya. Tapi biasanya, itu hanya akan mereka senang dengan pekerjaannya sekarang ini. Lebih baik gak usah dikasih deh… Mending kamu kasih tukang sapu, tukang sampah, dan sejenisnya itu. Begitu kamu bisa memberi mereka, lihatlah senyuman alami mereka dan kamu sejenak akan bisa merasakan betapa bisa berartinya kamu bagi orang lain. Coba deh, kamu sendiri akan bangga dengan apa yang kamu lakukan itu.

Tujuan lain dari hidup ini menurut saya adalah mencari kedamaian. Enak gak sih hidup damai? enak dong! gak ada kekerasan, penganiayaan, kejahatan, dsb. Gimana sih mencari kedamaian itu? jujur aja, saya juga gak tau dimana sih saya bisa cari yang namanya kedamaian. Kalo sekarang sih cara saya nyari adalah sabar, ngalah, gak nyari masalah, dan yang seperti itu lah. Mungkin ada yang berpikir, kalau pemenang adalah WINNER, maka orang yang mengalah adalah LOSER. Well, saya gak bilang itu salah. Saya akui itu benar, tapi ada kalanya kita harus mengalah. Gak selamanya menang itu menyenangkan, kalaupun menyenangkan, itu gak kan lama kecuali kamu bisa menjalaninya dengan penuh tanggung jawab. Dengan meraih kemenangan, tanggung jawab yang kamu raih akan semakin besar! Kalau kamu gak bisa tanggung jawab sih, ya jung weh. Setelah menjadi kepala, membebaskan anak buahnya untuk berbuat bebas tanpa ada aturan yang jelas. Mau anak buah sukses, mau anak buah mati, terserah anak buah aja. Yang penting saya dah memegang kekuasaan. Menurutmu gak mungkin? Menurutku itu mungkin, dan sudah terjadi. :p Damai gak orang yang seperti itu? Menurut dia mungkin damai, tapi akan banyak orang yang gak suka dengannya dan suatu saat pun kekuasaannya itu akan lepas darinya. Dan, jelas dah gak damai lagi itu mah. Yang ada adalah sisa-sisa dari apa yang dah dia lakuin waktu dia menjabat kekuasaan.

Dah ah, cape nulis panjang gini. Lagi gak mut nulis, tapi ternyata sepanjang ini. Gak guna juga kali ya g nulis, cuma ngabisin waktu n bandwidth doang.hehehehehehe… Mudah2an aja bisa jadi inspirasi sesaat buat yang baca deh. Makasih ya dah mau baca :p

Tinggalkan Balasan

 
