Love to live, and live to love

When it can be simple, keep it simple. When it can’t, make it simple!

Saatnya berkenalan dengan Investasi

Posted by ardnahc pada 13 Agustus, 2015

Sebuah kata yang memiliki makna penanaman uang/modal untuk mendapatkan untung. Pentingkah berinvestasi? Untuk saya pribadi, tentu saja penting dibandingkan hanya menyimpan uang saja di bank. Dimana nilai dari uang tersebut akan kalah dengan yang namanya inflasi. Dulu dengan Rp. 500 sudah bisa kencing di wc umum, sekarang udah gk bisa. Seperti itulah jahatnya inflasi. Dengan investasi, paling tidak Rp. 500 yang dulu di-invest, sekarang sudah mencapai Rp. 750 atau bahkan Rp. 1000. Dibandingkan hanya menabung di bank biasa yang paling uang yang disimpan menjadi Rp. 550-600. Paham?

Kapankah saya harus mulai berinvestasi? Sesegera mungkin tentunya. Semakin cepat invest, akan semakin cepat pula mendapatkan kerugian/keuntungan. Hah?? Kenapa rugi? Well, ada sebuah hukum tidak tertulis yang berbunyi, “Investasikanlah apa yang anda siap kehilangan”. Betul sekali. High Risk, High Gain. Jika anda ingin keuntungan besar, siaplah dengan kerugian besar. Jika anda ingin kerugian yang kecil, nikmatilah keuntungan yang kecil. Kalau anda ingin untung besar, tapi tidak ingin rugi, banyak-banyaklah berdoa, dan kalau sudah, segeralah bangun dari mimpi indah anda.

Tidak ada yang dapat dipercaya 100% di dunia bisnis. Sekarang anda punya banyak teman, 10 menit lagi teman anda bisa berubah menjadi musuh karena uang seperak saja. Trust me, i’m already sick of it. If you’re not trusting me, then you will trust me someday. Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat mahal dalam hidup ini. Jagalah kepercayaan orang lain terhadap anda. Bila ada orang lain yang telah mengecewakan kepercayaan anda, buang jauh-jauh orang seperti itu. Sebelum anda menyesal lebih jauh. Trust me again, i’m sick of it. Sebelum sakitmu lebih sakit, segera buang penyakitnya.

Kemanakah saya harus berinvestasi? ada banyak sekali tempat yang dapat anda pilih. Reksadana, saham, deposito, dll dkk dsb dsj dst…… Manakah yang harus dipilih? Tips dari saya, tentukan tujuan anda. Mau untung besar (dan kemungkinan akan rugi besar)? atau yang tingkat kerugiannya minim (dan keuntungan juga minim)? Deposito adalah suatu tempat investasi yang aman bagi pemula (dan kecil keuntungannya). Namun tidak bagi orang yang ingin keuntungannya lebih besar. Saat ini, deposito ada di angka 6-8% (per tahun). Hitunglah sendiri keuntungan per bulannya. Belum lagi, seluruh keuntungan akan dipotong pajak. Ya, pajak. Makin kecil lah keuntungan dari deposito.

Bagaimana reksadana/saham? saat ini mungkin inilah yang akan saya sarankan. Detilnya, tidak akan saya bahas panjang, karena kenyataannya sangat panjang. yang pasti, reksadana memiliki berbagai pilihan. Mau yang aman (jangka pendek) atau yang untung besar (jangka panjang). Reksadana ini keuntungannya tidak akan terkena pajak, jadi tentunya akan lebih menguntungkan dibandingkan deposito (red: kalau anda tepat memilih manajer investasi). Sudah, gk akan saya bahas lebih panjang lagi tentang reksadana.hehehe Terlalu panjang untuk diketik, sementara banyak resource diluar sana yang menjelaskan reksadana lebih detil.

Akhir kata, untuk berinvestasi jangan lupakan kebutuhan pokok anda. Anda ingin mendapatkan untung banyak, sehingga memasukkan jumlah yang cukup besar untuk diinvestasikan. Sementara anda harus puasa makan/jajan kebutuhan sehari-hari anda. Dan lagi, saat memilih mau investasi kemana, membutuhkan feeling yang sangat baik. Beberapa kali saya invest, dan kebanyakan gagal (hilang, lost, rugi, dll), walau ada juga yang menguntungkan. Anggap aja suatu pelajaran deh. Yang penting saya pernah mencoba, dan gagal. Daripada yang belum pernah mencoba, dan penasaran. Ketika ingin mengatasi rasa penasaran tersebut, dan gagal, bunuh diri.hahaha

Tips terakhir, ikuti kata hati anda. Jangan tergiur dengan orang lain, jangan menuruti kata orang lain, jangan tertipu mulut manis marketing, jangan percaya 100%. Ingat, rampok/koruptor sangat pintar. begitupun di dunia investasi, mereka bisa membuat segalanya terlihat indah bagi anda. Percayalah pada feeling anda. Bila anda gagal, feeling anda akan lebih aware dan semoga anda akan dapat lebih meminimalisir kerugian anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: